Buku ini membahas: 1. Pengantar profesi keperawatan 2. Prinsip-prinsip dasar asuhan keperawatan 3. Memenuhi kebutuhan dasar manusia
Daftar Isi: 1. Perkembangan sistem pelaksanaan layanan kesehatan 2. Kepemimpinan dan manajemen keperawatan 3. Model-model pelaksanaan layanan keperawatan dan penstafan 4. Delegasi dan Supervisi 5. Komunikasi efektif dan resolusi konflik 6. Kebijakan 7. Masalah-masalah hukum 8. Ekonomi layanan kesehatan 9. Perencanaan anggaran dan manajemen keuangan 10. Hubungan serikat pekerja, manaje…
Fauzi Andica: Gambaran Tingkat Kecemasan Perawat Dalam Menangani Pasien Cardiac Arrest di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta April 2024 Latar Belakang: RS Bethesda memiliki kunjungan pasien ke IGD pada bulan Juli 2023-September 2023 sebanyak 6841 pasien dengan kriteria kasus henti jantung sebanyak 361 pasien. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan pada perawat IGD R…
ARISMA WAHYUNINGSIH. “Prevalensi Phlebitis Pada Pasien Terpasang Infus di Rumah Sakit Kristen Ngesti Waluyo Parakan Tahun 2024”. Latar Belakang: Angka kejadian phlebitis di Rumah Sakit Kristen Ngesti Waluyo Parakan pada bulan Januari 2023 mencapai 0,95% dan Februari 2023 mencapai 4,25%, dengan standar 1,5% tergolong tinggi. Kejadian infeksi sangat mempengaruhi citra rumah sakit, mutu ruma…
FRANSISKA DWI HANDAYANI. “Gambaran Pelaksanaan Mutu Pelayanan Ditinjau dari Aspek Keperawatan di Ruang Perinatologi Rumah Sakit Kristen Ngesti Waluyo Tahun 2024”. Latar Belakang: Kepuasan pasien menjadi tolok ukur nilai mutu pelayanan. Aspek pelayanan meliputi tangible, emphaty, assurance, responsiveness dan reliability. RSK Ngesti Waluyo Parakan sedang melakukan pembangunan gedung, menga…
TRI WIDI ASTUTI. ”Evaluasi Kelengkapan Dokumentasi Keperawatan Rekam Medis Elektronik di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Kristen Ngesti Waluyo Parakan Tahun 2024’’ Latar Belakang: Rekam medis elektronik merupakan catatan berbasis elektronik yang merekam semua informasi kesehatan pasien. Kelengkapan dokumentasi keperawatan memiliki peran penting dalam meningkatkan pelayanan kesehatan. …
AGNES ARIYANI PUTRI SEKARJATI. “Pengaruh Edukasi dengan Media Leaflet terhadap Tingkat Kecemasan Orang Tua dengan Anak Tuberkulosis di RS Bethesda Lempuyangwangi Tahun 2024. Latar Belakang: Berdasarkan data WHO terdapat 1,2 juta kasus Tuberkulosis anak di dunia. Kasus Tuberkulosis anak di Indonesia tahun 2022 terdapat 110.881. Tahun 2022 terdapat 398 kasus di Yogyakarata. Pada tahun 2024 te…
Winarko. “Gambaran Pelaksanaan Elektronik Rekam Medik oleh Perawat di Rumah Sakit Kristen Ngesti Waluyo Parakan Jawa Tengah Tahun 2024”. Latar Belakang: Kemajuan teknologi informasi menyebabkan perkembangan dalam pelayanan kesehatan, adalah penggunaan catatan kesehatan elektronik (e- RM). RSK Ngesti Waluyo Rumah telah mengaplikasikan e-RM. Masalah SDM perawat banyak yang masih kurang info…
Latar Belakang : Persepsi pasien adalah proses dalam ingatan seseorang yang memperoleh layanan kesehatan di rumah sakit. RS Panti Wilasa Dr. Cipto Semarang yang menjadi tempat penelitian menyediakan lima ruang rawat inap dengan daya tampung 127 orang pasien. Hasil studi awal, RS Panti Wilasa Dr. Cipto Semarang dalam tiga semester, yaitu dua semester di tahun 2022 dan satu semester di tahun 2023…
Eunike Prasetyowati. “Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien tentang Pelayanan Keperawatan di Puskesmas Gondokusuman 1 Yogyakarta Tahun 2023” Latar Belakang: Keluarga pasien mengatakan bahwa pelayanan yang diberikan oleh perawat terkadang tidak memuaskan. Keluarga pasien mengatakan terkadang perawat kurang dalam memberikan informasi dan edukasi untuk pasien maupun keuarga pasien. Beberapa orang…