Latar Belakang : Pasien dengan stroke non hemoragik sering ditemukan kuragnya pengetahuan pada pasien maupun keluarga tentang perawatan selama di rumah, hal tersebut dapat terjadi karena kurangnya terpapar informasi terkait penyakit yang diderita pasien. Pasien dengan stroke non hemoragik dapat disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, makanan yang banyak mengandung lemak dan garam, serta ku…
Latar Belakang : Tahun 2020 wabah corona menginfeksi seluruh negara. Peningkatan kasus di Indonesia meluas antar wilayah. Bencana Nasional. Resiko moralitas faktor peghambat penanganan covid pasien rumah sakit kronis gagal ginjal menjalani hemodialisis. Pasien, keluarga, mendampingi terlibat langsung dengan petugas kesehatan, pasien lain sehingga memiliki resiko tinggitertular covid-19. Keluarg…
Stroke pertama dan stroke ulang menurut WHO (2020) ialah gangguan fungsional otak secara mendadak dengan tanda dan gejala baik fokal atau global berlangsung lebih dari 24 jam. Di RS Bethesda (2021) kasus stroke dirawat inap 873 yaitu stroke pertama 76, 95% dan stroke ulang 23,06% (Registri Stroke RS Bethesda, 2021). Observasi dan wawancara 3 pasien mengatakan tidak patuh minum obat dan dukungan…
Tuberculosis merupakan penyakit menular yang menyerang paru dan organ lainnya dan membutuhkan perawatan selama 6 bulan atau lebih sehingga membutuhkan caregiver. Caregiver ini yang memberikan perawatan ketika anggota keluarganya menderita penyakit. Sebagai caregiver yang merawat Tuberculosis paru beresiko mengalami beban. Beban Caregiver dapat mempengaruhi proses penyembuhan dan kualitas hidup …
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: Dukungan informasi yang diberikan berupa saran, nasihat, dan diskusi. Dukungan emosional yang diberikan berupa perhatian, semangat, dan support mental. Dukungan instrumental yang diberikan berupa asuransi, uang, dan bantuan tenaga. Dukungan penghargaan berupa penilaian positif terhadap perasaan.
Dipelajari bermacam-macam langkah dan keterampilan yang penting untuk menjadi perawat di rumah yang profesional, diantaranya: pentingnya kunjungan di rumah; berhadapan dengan lingkungan yang unik; pengaturan waktu dan penetapan prioritas; penyuluhan klien; perumusan tujuan; dan pendokumentasian kunjungan ulang yang akurat, resertifikasi, dan penggantian biaya.