Text
Hubungan kualitas pelayanan dengan angka kejadian rawat inap berulang pada pasien diabetes melitus di rumah sakit Kristen Ngesti Waluyo tahun 2024
ELISA RISKI PUTRI. “Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Angka Kejadian Rawat Inap Berulang Pada Pasien Diabetes Melitus di Rumah Sakit Kristen Ngesti Waluyo Parakan tahun 2024”.
Latar Belakang : Diabetes Melitus menduduki peringkat keenam penyebab kematian di Dunia. International Diabetes Federation menyebutkan jumlah penderita diabetes di dunia sebanyak 463 juta orang pada penduduk usia 20-79 tahun. Kualitas pelayanan dapat dinilai melalui kepuasan pasien terhadap perawatan. Perawat berperan penting terhadap kualitas, efisiensi, dan efektivitas layanan kesehatan. Rumah Sakit Kristen Ngesti Waluyo dari Januari 2023 sampai Maret 2023 mencatat jumlah pasien diabetes rawat inap sebanyak 106, sebagian besar pasien mengalami rawat inap berulang.
Tujuan : Untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan angka kejadian rawat inap berulang pada pasien diabetes melitus di Rumah Sakit Kristen Ngesti Waluyo Parakan Tahun 2024.
Metode : Menggunakan metode kuantitatif korelasi cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien diabetes melitus di Rumah Sakit Kristen Ngesti Waluyo yang mengalami rawat inap ulang, yaitu 60 sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampel. Teknik analisa data menggunakan uji Spearmann rho.
Hasil : Hasil nilai p-value 0.343 p-value > 0,05 maka tidak terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dengan angka kejadian rawat inap berulang pada pasien diabetes melitus di Rumah Sakit Kristen Ngesti Waluyo.
Kesimpulan: H0 diterima dan Ha ditolak, sehingga tidak ada hubungan antara antara kualitas pelayanan dengan angka kejadian rawat inap berulang pada pasien diabetes melitus di Rumah Sakit Kristen Ngesti Waluyo.
Kata Kunci: kualitas pelayanan, diabetes melitus, rawat inap ulang xvi+77+15 tabel+2 skema+15 lampiran Kepustakaan: 34, 2013-2023
Tidak tersedia versi lain